Minggu, 17 Juni 2012

Test Drive Smart Cabrio and Coupe Di Bali


DENPASAR— Beragam pertanyaan terdengar oleh Dapurpacu.com tentang smart fortwo. City car yang sejak akhir November 2010 resmi diniagakan PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) ini banyak disangsikan bisa hidup di Tanah Air. Di antara suara yang terdengar, paling santer adalah pertanyaan tentang fungsi, dimensi, performa, dan harga.

Baca selengkapnya »

Mereka yang bertanya tentang dimensi pesimis bahwa smart fortwo mampu memberikan kenyamanan lantaran ruangnya terbatas. fortwo yang hanya memiliki dua bangku serta sedikit ruang bagasi juga dinilai tak lebih fungsional ketimbang city car lain yang mampu mengangkut hingga lima penumpang.
Sementara harga fortwo yang dimulai dari Rp 216 juta hingga Rp 269 juta off the road dianggap kurang rasional, terlebih dibanding mobil-mobil seharaga tersebut. Belum lagi mesin yang hanya berkapasitas 1.0-liter dinilai tidak menawarkan performa yang gahar.
MBI yang menjadi agen resmi pemegang merek smart di Indonesia tampakya menyadari semua kondisi itu. Karenanya, Minggu (5/12) pekan lalu, MBI memboyong sejumlah media massa, termasuk Daurpacu.com ke Bali. Tujuannya pun jelas, yaitu mencoba performa fortwo dalam lingkungan di mana smart akan banyak memberi arti.
“Main set konsumen tentang smart harus kami bangun di Indonesia. Mobil ini unik dan memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan city car atau mobil-mobil lain,” ujar Deputy Director Sales and Marketing smart Dhani M. Yahya.
Dapurpacu.com sangat paham. Sejak awal smart memang dibangun untuk kendaraan individual. Mobil ini pun diharapkan bisa menjadi sarana mobilitas penduduk kota yang semakin hari semakin merasakan keterbatasan infrastruktur, tekanan terhadap harga bahan bakar, serta lingkungan hidup. Dan, itu semua merupakan fungsi utama dari smart.
smart fortwo memang hanya dibuat untuk dua penumpang. Dalam aspek fungsi, mobil ini sebenarnya menyinggung para pengguna mobil-mobil besar yang sering kali hanya memanfaatkan dua kursi di depan. Buka hanya energi yang terbuang dari prilaku ‘pemborosan’ ini, tapi juga pengurangan panjang jalan.
Bayangkan bila orang-orang yang menggunakan MPV untuk mobilitas dua orang mengganti armadanya dengan smart. Panjang kemacetan yang selama ini dikeluhkan pasti terkurangi.
Perhitungan paling mudah begini: Sebuah kemacetan sepanjang 1 km berarti menyusun 222 unit MPV. Nah, bila dengan smart maka jarak kemacetan yang sama bisa diisi 384 unit. Atau denga kata lain, sebanyak 222 unit smart yang menjulur hanya menghabiskan lintasan sepanjang kurang lebih setengah kilometer.
Seperti halnya pemerintah daerah DKI jakarta, Bali tentu juga sangat senang apabila para pengendara mobil memanfaatkan smart sebagai sarana mobilitas utama. Apalagi Jakarta dan Bali sama-sama memiliki keterbatasan infrastruktur jalan. smart juga hanya memproduksi CO2 kurang dai 100g/km sehingga sangat ramah polusi.

Desain Eksterior

smart fortwo mengusung desin unik. Mobil ini hampir seluruh kulit bodinya dilapis dengan polycarbonate, material semacam plastik.
Meski begitu, polycarbonate berbeda dengan struktur plastik untuk komoditas industri atau plastik enjiner. Polycarbonate dinilai lebih tahan tehadap panas, dan benturan, sehingga banyak dimanfaatkan pula untuk pembuatan CD (compact disc) dan DVD, serta Blue-ray disc.
Lantaran penggunaan polycarbonate maka tak mengherankan bila penampilan eksterior smart terlihat lebih licin dan mengilap ketimbang mobil-mobil dengan bodi dari plat paja atau aluminium. Hal tersebut memang menjadi salah satu ciri keunggulan material polycarbonate.
Selain itu, penggunaan polycarbonate telah mengurangi bobot smart secara singnifikan yang secara langsung memberi kontribusi bagi penghematan penggunaan bahan bakar.
smart fortwo sendiri dengan panjang hanya 2.695mm, lebar 1.559mm, dan tinggi 1.542mm memiliki bobot hanya 750 kg untuk model coupe dan 780 kg cabrio. Bandingkan dengan Suzuki Karimum Estilo yang 1.000mm lebih panjang dan berbobot 850 kg.
Secara kesuluruhan desain smart sangat menyenangkan. Mobil ini begitu lucu, terlebih bila jalan berirngan. Lampu besar di depan dan dua pasang kecil di belakang sangat serasi dengan alur desainnya.
Sementara itu, di kedua sisi fender belakang terdapat ventilasi udara berpenutup hitam. Posisinya tak hanya memberikan nilai tambah pada kekuatan desain. Lebih dari itu, ventilasi digunakan sebagai arus udara pendingin mesin yang duduk di bawah kabin belakang.
Bagian roda cukup memberikan kesan nakal. Psalnya, untuk keempat roda smart membekali fortwo dengan velg alloy 15 inci dengan desain 12 bilah palang. Velg tersebut dipasangkan ban 155/60 R15 (depan) dan 175/55 R15 (belakang).
Dalam pengujian di Bali smart memboyong tiga model yang dipasarkan di Indonesia, yaitu coupe mhd 45kW pure, coupe mhd 52 kW passion, dan cabrio 52kW passion.
Ketiga model ini dengan mudah bisa dibedakan melalui desain atap. Untuk model smart fortwo coupe mhd 45kW pure dijanjikan mampu memberikan gaya unik dan menyenangkan melalui atap keras tertutup.
Sedangkan smart fortwo coupe mhd 52kW passion dilengkapi atap tertutup namun bergaya jendela transparan (panorama roof with sun screen). Adapun model smart fortwo cabrio 52kW passion muncul layaknya sebuah roadster nakal dengan atap yang sepenuhnya terbuka.

Desain Interior

smart juga menawarkan akses-aksen unik pada interior. Paling menggemaskan tentulah aksi tachometer (penunjuk putaran mesin) dan jam yang duduk berdampingan di atas dashboard. Bentuk peranti ini mirip seperti sebuah mangkuk kecil.
Desain dashboard smart sendiri tampak begitu sederhana. Tak ada yang istimewa, kecuali tata letaknya yang bisa memanfaatkan ruang minim. Tombol-tombol audio dan penyejuk ruangan dibuat seperti pada kebanyakan mobil.
Hanya saja material fabric pembungkus dahsboard terasa mahal. Ini membedakannya dengan kebanyakan mobil Jepang yang umumnya membiarkan plastik dashboard tanpa dibungkus. Hebatnya, material yang sama digunakan untuk membungkus kedua jok model bucket.
Di balik bangku tersedia sebuah jarak yang tak terlalu lebar. Dapurpacu.com menghitung jarak bangku dengan dinding kompartemen mesin hanya sekitar 20mm. Meski demikian, ruang itu cukup untuk membuat sandaran bangku bisa direbahkan.
Selain itu, Dapurpacu.com juga juga patut angkat jempol dengan cara smart membuat bagasi. Walau ukurannya sangat mini, ruang yang tersedia lebih dari cukup untuk menaruh dua tas punggung kamera.
Model cabrio lebih lucu lagi. Di balik panel pintu bagasi tersedia rak untuk menyimpan rangka atap samping ketika pengguna ingin melepaskannya. Mencopot dan memasang kembali pilar tersebut juga sangat mudah.
O ya, hal unik juga ditunjukkan ada kunci starter. Anda tak akan menemukan letak kunci di balik kemudi, karena smart telah mengubahnya menjadi di belakang tuas transmisi yang ada di antara kedua bangku.

Kenyamanan dan Fungsi

Salah bila Anda menduga smart fortwo akan membatasi gerak pengguna. Mobil ini tenyata memiliki ruang kaki yang lapang seperti kebanyakan mini sedan. Jarak lutut dengan dashboard pun begitu. Alhasil, tak ada kesan bahwa Anda sedang berada di kotak kecil saat mengendarai dan menumpang smart fortwo.
Dengan kemampuan menciptakan kenyamanan yang baik, smart fortwo memang pantas menjadi mobil kota untuk penggunaan harian. Di mobil ini Anda juga bisa menikmati hiburan serta hembusan penyejuk udara yang menyegarkan. Karena itu Dapurpacu.com berasumsi smart tetap menyenangkan seperti mobil besar kendati Anda sedang berada dalam kepungan kemacetan.

Performa dan Pengendalian

Seorang waretawan awalnya menduga smart dengan mesin 999cc bertenaga 61 hp pada 5.800rpm (model 45kW), dan 71 hp pada 5.800rpm (model 52kW) tidak akan memberikan pengalaman mengemudi yang baru.
Terang saja begitu. Pasalnya, sepanjang pengujian sang jurnalis hanya berjalan sekitar 40-60 km/jam. Dia juga tidak sekalipun memprovokasi performa smart. Pijakan pedal akselerator dilakukan secara normal berjenjang, baik ketika start maupun kecepatan tinggi.
Hal berbeda mungkin dia rasakan ketika Dapurpacu.com mengambil kemudi. Dapurpacu.com langsung menginjak dalam pedal akselerator dan memainkan perpindahan gear secara semi-manual. Pergerakkan lingkar kemudi juga kami mainkan secara ekstrim untuk mengetahui seberapa jauh kesetabilan smart saat manuver.
Hasilnya sang jurnalis berkata, “Wow! Bisa kencang juga ya?” Dia bahkan sesekali tertawa kegirangan ketika Dapurpacu.com meliuk-liukkan smart untuk keluar dari garis rombongan. “Butuh jam terbang tinggi untuk membawa smart kencang seperti ini,” katanya sambil berteriak (saat itu Dapurpacu.com menggunakan model cabrio dengan atap terbuka penuh).
Saat melakukan manuver, lalu mengerem keras, hal fantastik kembali ditunjukkan smart. Jujur Dapurpacu.com tak mengira kalau smart mampu berprilaku seperti Mercedes-Benz C-Class.
Belakangan kami baru menyadari kalau smart dibekali sederet teknologi canggih, mulai dari EPS (Electronic Stability Program), termasuk ABS, ARSR, EBD, Brake Assist dan hill start assist. Karena teknologi inilah, smart pandai mengatur penghentian, sekalipun pengereman dilakukan pada situasi yang secara teknis bisa membuat laju mobil tidak terkontrol.
Pendeknya, kemampuan smart dalam memberikan kesetabilan yang sempurna telah membuat Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Suzuki Swift pantas menutup muka.
smart sendiri mengklaim model 45kW dan 52kW mampu dilesatkan hingga kecepatan 145 km/jam. Sebetulnya, kecepatan itu masih bisa dinaikkan kalau saja smart tidak memasang sistem pembatas kecepatan.
smart dibekali transmisi 5-speed otomatis dengan fitur softip (perpindahan gear melalui tombol ‘plus’ dan ‘minus’ di belaik lingkar kemudi). Apabila pengemudi tak terbiasa menggunakan tombol-tombol itu, perpindahan bisa dilakukan dengan memendalkan tuas tranmsisi.
Dan, kalupun pengemudi lupa menaik-turunkan gear, maka secara otomotis komputer akan mengatur gearbox sesuai tingkat kecepatan dan putaran mesin.
Sayangnya, idikator digital yang menunjukkan posisi gear terasa lambat berganti ketika pengemudi sudah manikan atau menurunkan gear. Hal ini telah membuat Dapurpacu.com sedikit kikuk. Namun setelah memahami bahwa prosesor komputer tidak bisa bekerja secepat seperti yang tersumat pada mobil-mobil Mercedes-Benz, kami baru menganggap hal tersebut sebagai suatu yang lumrah.

Harga dan Kesimpulan

smart dijual dalam tiga pilihan model, yaitu Rp 219.000.000 untuk coupe mhd 45kW pure, Rp 249.000.000 coupe mhd 52kW passion, dan Rp 269.000.000 cabrio 52kW passion.
Di atas kertas ketiga model tersebut sangat dekat dengan Jazz dan kawan-kawan. Dan, Anda boleh mengatakan bahwa smart mahal. Ya, dia memang mahal. Tapi harga tersebut jelas bisa dibilang murah oleh konsumen yang menjadi target smart.
O ya, siapa dia? Tentulah mereka yang berasal dari kalangan mapan yang telah menyimpan banyak mobil di garasi rumahnya. Lagi pula, di Indonesia smart bukan mobil biasa.
smart tak ubahnya seperti sebuah jam Rolex. Kendati memiliki titik waktu yang sama dengan jam-jam lain, harga Rolex jauh lebih mahal karena di situ komsumen mendapatkan kualitas, kenyamanan, dan gengsi.

Sumber:
http://www.dapurpacu.com/test-drive-smart-fortwo-coupe-dan-cabrio/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar